Rabu, 13 Agustus 2008

Baby Blues


Sekitar 50% samapi 80% dari semua ibu melahirkan mengalami apa yang disebut "baby blues." Karena kejadian baby blues sangat sering, sehingga hal ini tidak diklasifikasikan ke dalam kelainan mood setelah melahirkan.Tetapi perasaan ibu selama mengalami baby blues sangat mungkin mengkhawatirkannya.

Apa itu Baby Blues?
Setelah mendengar selama sembilan bulan bagaimana istimewa dan menggembirakannya saat-saat melahirkan, tidaklah mengherankan jika anda merasa sedikit sedih dan susah setelah melahirkan.Baby blues biasanya muncul tiga samapi lima hari setelah proses persalinan. Sampai kurang lebih dua minggu perasaan sedih itu akan hilang dengan sendirinya. Gejalanya akan timbul tiba-tiba, tapi juga dapat hilang dengan cepatnya.
Gejala Baby Blues
Tanda-tanda munculanya baby blues biasanya ringan, antara lain:
  • Mudah sedih
  • Mood yang berubah – ubah
  • Mudah tersinggung
  • Kecemasan
  • Perasaan kesendirian
  • Perasaan mudah capek
Apa yang sebenarnya terjadi saat Baby Blues ?
Bentuk depresi ringan setelah proses persalinan ini biasanya terjadi berkaitan dengan perubahan hormone yang mendadak dan tiba-tiba. Ketegangan emosional dan fisik setelah melahirkan ditambah dengan ketidaknyamanan fisik dapat berpengaruh terhadap timbulnya perasaan sedih dan susah dalam minggu-minggu pertama setelah persalinan.

Beberapa ibu cenderung merasa cemas yang berlebih karena bertambahnya tanggungjawab baru yaitu adanya bayi disampingnya. Tidaklah mengherankan, kecemasan ini akan berdampak negative terhadap mood ibu.Kelelahan dan kurangnya tidur menambah keteganangan ini. Anda mungkin merasa kecewa karena mendapat masalah dalam merawat bayi anda atau anda tidak mendapat bantuan yang seperti anda bayangkan dari orang tua anda.

Mengatasi perasaan itu

Perasaan baby blues biasanya hilang dengan sendirinya. Tetapi ada juga beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi perasaan itu dan membantu anda merasa lebih baik secepatnya.

  • Latihan tubuh sesering mungkin
  • Makanlah makanan yang sehat secara teratur
  • Bergabunglah dengan teman-teman anda sesama ibu yang baru melahirkan
  • Luangkan waktu untuk anda bersenag-senang sejenak dalam sehari
  • Beri waktu untuk anda bertemu teman-teman anda untuk sekedar ngobrol dan minum teh sejenak atau jalan-jalan.
  • Bicarakan dengan suami anda tentang pembagian masalah perawatan bayi anda sehingga anda tidak merasa sendiri.
Perlu bantuankah saya?
Baby blues bukanlah gangguan yang serius dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam dua minggu. Jika gejala ini berlangsung lebh dari dua minggu atau gejala ini mempengaruhi ritme aktivitas harian anda, usahakan segera hubungi pelayanan kesehatan terdekat. Anda harus segera dibantu untuk dapat lepas dari perasaan depresi setelah melahirkan itu. Jika anda merasa hal ini dapat membahayakan anda atau bayi anda segera hubungi dokter.

Pengalaman anda
Anda merasa pernah mengalami baby blues? Ceritakan pengalaman anda, siapa tahu bias membantu ibu-ibu baru lain yang juga mengalaminya, atau memebri petunjuk untuk ibu yang baru akan melahirkan.

Tidak ada komentar: