Kamis, 13 November 2008

MEMOMPA ASI

Memompa dan menyimpan asi anda adalah salah satu cara untuk ibu yang bekerja agar tetap dapat memberikan asi untuk bayinya. Artikel ini ssemoga bermanfaat menambah pengetahuan ibu mengenai asi pompa yang tak kalah berharganya dengan asi biasa.

Memompa Asi?

Pilihan ibu untuk memompa asi bias jadi menjadi pilihan terbaik untuk ibu yang harus meninggalkan bayinya lebih dari 2 jam. Jika anda adalah ibu bekerja tentunya anda harus menyediakan asi untuk bayi di rumah dengan memompa dan menyimpan asi anda.

Beberapa ibu memilih untuk memompa asinya ketimbang memberikan susu formula untuk bayinya. Dan menurut saya ini adalah pilihan yang jauh lebih baik. Pilihan ini tentunya mempunyai banyak alas an. Dibandingkan dengan susu formula, asi mempunyai kandungan nutrient beratus kali lebih banyak dari susu formula, dan tentunya lebih murah (bahkan gratis kan bu!!). Selain sehat untuk bayi juga sehat untuk kantong anda, yang nantinya bisa ibu gunakan untuk keperluan lain bayi anda di masa datang.Para ahli setuju nahwa memberikan asi saja selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, terbukti mampu memberikan pertahanan tubuh untuk bayi anda.

Satu kerugian dalam memberikan asi pompa adalah timbulnya bingung putting. Ketika bayi anda mulai dikenalkan dengan botol, tentunya dia akan lebih menyukai nipple dari botol, karena bayi anda tidak harus menghisap terlelu kuat untuk mendapatkan susu dari botol, artinya lebih banyak susu yang dia dapatkan. Jika bayi anda bingung biasanya dia akan menolak ketika anda susui langsung lewat payudara. Oleh karena itu ibu harus benar-benar mengatur pola waktu pompa sehingga ibu tetap dapat menyusui bayinya.

Ketika ibu memutuskan untuk memompa asinya, ibu harus memutuskan bagaimana cara ibu memompanya.

Tips Membeli Pompa

§ Banyak sekali pilihan dalam membeli pompa asi, tentu saja untuk kenyamanan dan efisiensi ketika ibu memompa asinya. Dan tentunya semakin banyak pilihan yang kita cari , akan sebanding dengan harganya.

§ Pompa yang menempel langsung ke payudara ibu haruslah disesuaikan dengan ukuran paudara ibu. Setiap ibu mempunyai ukuran yang berbeda-beda, sehingga pastikan pompa yang ibu pilih sesuai dengan ukuran payudara ibu.

§ Beberapa pompa mampu bekerja hanya untuk satu payudara, artinya ibu perlu paling tidak 30 menit untuk memompa dua payudarannya. Membeli pompa dengan kapasitas dobel akan menghemat waktu ibu memompa sekitar 12 menit saja untuk dua payudara. Waktu yang bisa dihemat untuk melakukan hal lain kan bu. Menariknya lagi ketika ibu membeli pompa dobel kapasitas, maka tubuh akan mengira ibu punya bayi kembar, sehingga tubuh akan menghasilkan lebih banyak lagi asi….menarik bukan bu????

§ Dobel kapasitas berarti menghemat waktu dan akan mendapatkan lebih banyak lagi susu untuk bayi ibu.

§ Yang penting lagi bu, pompa asi haruslah kompak bentuknya, praktis ketika akan dibawa, tidak berisik ketika dipakai, gampang dibersihkan, dan ibu hanya butuh menggunakan satu tangan untuk mengoperasikannya. Alternatif lain adalah mencari pompa yang menggunakan pedal, artinya tangan akan bebas beraktifitas yang lain selagi asi dipompa.

§ Ibu dapat memilih pompa manual atau elektrik, jangan lupa ibu juga bisa memompa asi dengan tangan lho.

§ Pompa manual mempunyai alat yang lebih sederhana, ibu hanya perlu memompa bola pompanya. Pompa ini lebih lambat dari pompa elektrik, bebrapa ibu merasa tidak nyaman dengan pompa ini.

§ Pompa elektrik yang murah bisa jadi pilihan bu. Semakin lama memompa akan menimbulkan ketidaknyamanan dan tentunya waktu yang lebih panjang untuk memompa lho bu. Jika ibu tidak menggunakan pompa untuk jangka waktu yang lama, belilah pompa elektrik yang murah saja. Harganya berkisar antara 150-300 ribu.

§ Pompa dengan harga menengah bisa juga jadi pilihan, dengan harga berkisar 200- 500 ribu tentunya disertai dengan beragam fasilitas. Ibu bisa mendapatkan pompa dobel dan pengatur sedotan pompa.

§ Pompa dengan harga yang mahal tentunya akan memberikan semua fasilitas yang diperlukan untuk kenyamanan ketika ibu memompa asi. Harganya berkisar 500-2 juta. Bahkan ibu dapat menggunakannya di mobil. Jika ibu menghendaki pemakaian pompa untuk jangka waktu yang lama, lebih baik investasikan dengan membeli pompa yang mahal, sehingga keawetannya sesuai dengan fasilitasnya.

§ Atau jika memang biaya menjadi kendala, ibu juga bisa menyewanya. Beragam pilihan dapat dicari, tentunya dengan harga yang bervariasi, dan jangka waktu yang beragam pula.

Oke bu, selamat memompa asi…..

Tidak ada komentar: