Kamis, 13 November 2008

MENYUSUI untuk IBU BEKERJA

Menyusui untuk ibu bekerja adalah salah satu hal yang menantang setelah melahirkan. Karena saat bekerja ibu harus sering bergerak dan beraktivitas, hal ini adalah kendala saat menyusui bayi yang baru lahir, ibulah yang harus mampu mengatasi permasalahan ini. Banyak pilihan untuk ibu menyusui yang bekerja dan ibu hanya perlu membaca tips menyusui dan temukan berbagai alternative menyusui.

Bekerja sambil menyusui, apa saja pilihannya?

Semuanya tergantung pada situasi tempat ibu bekerja., pandangan atasan ibu mengenai menyusui, dan yang pasti jam kerja ibu.

Bicarakan dengan atasan anda tentang aktivitas ibu menyusui sebelum kembali bekerja. Bebepaa kantor mempunyai ruangan khusus untuk ibu menyusui dimana ibu dapat dengan nyaman menyusui bayinya atau memompa asi untuk bayinya. Ruangan ini biasanya adalah ruangan khusus yang dapat dikunci dari dalam dan tersedia tempat untuk mencuci, serta tersedia kursi yang nyaman. Tersedianya kulkas untuk tempat menyimpan asi juga merupakan syarat ruangan yang baik.

Sebagai tambahan, kantor juga menyediakan ruangan untuk mengasuh bayi ibu saat ibu bekerja, tentunya ini adalah pilihan.

Demikian pula beberapa kantor memungkinkan ibu untuk memompa asinya. Pompa asi baik manual ataupun elektrik adalah pilihannya.

Jika menyusui di tempat kerja bukanlah pilihan untuk ibu, masih banyak pilihan lainnya.

Tergantung dari system kerja kantor ibu, bekerja di rumah mungkin dapat menjadi alternative pilihan. Hal ini dapat meningkatkan kualitas ikatan batin antara ibu dan bayi.

Jika ibu mempunyai rumah yang jauh dari tempat kerja , ibu dapat menitipkannya di tempat sanak saudara yang dekat dengan kantor. Sehingga saat sebelum makan siang ibu dapat menyusui bayinya, dan kemudian meninggalkan asi yang telah dipompa untuk persedian sepanjang sisa waktu ibu bekerja.

Jika suami juga bekerja, dan ibu meninggalkan bayi dengan pengasuhnya dirumah, maka pilihan lain dalam menyusui adalah dengan memompa asi dan menyimpannya di kulkas. Asi segar yang disimpan di kulkasmampu bertahan sampai 2 hari. Asi yang diletakkan di freezer kulkas dapat bertahan sampai 1 minggu. Asi harus dipompa paling tidak 2-3 jam sekali agar kesegaran, kesehatan dan ketersediaan asi selalu terjaga.

Sangatlah berharga untuk mempunyai jadwal sebelum dan sesudah bekerja dalam menyusui. Setelah bekerja ibu mempunyai banyak waktu sehingga dapat relak dan nayaman, maka sering-seringlah memberikan asi kepada bayi ibu sehingga ikatan batin akan semakin kuat dan tentunya persediaan asi akan semakin banyak seiring dengan kenyamanan ibu.

Yakinlah bahwa dengan jadwal menyusui ibu akan semakin nyaman, dan tentunya ikatan batin ibu dan bayi akan semakin baik.

Tidak ada komentar: